FTMM Kolaborasi dengan Kampus Top Jepang

FTMM NEWSFTMM Universitas Airlangga berkolaborasi dengan dengan kampus Top Jepang. Ini sesudah dalam rangka kegiatan peningkatan kegiatan Academic Peer List (APL) yang berlangsung 16 – 20 Oktober 2023. Keempat kampus itu The University of Tokyo, Tohoku University, Keio University, dan  Tokyo University of Science.

Lawatan ke negeri sakura ini melibatkan Dekan FTMM Prof. Dr. Dwi Setyawan, Apt, M.Si, Wakil Dekan 3 FTMM Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si, IPM. Ada juga Koordinator Prodi RN Prof. Dr. Retno Sari, Apt., M.Si. Ikut hadir peneliti dari prodi RN yaitu Dr. Prastika Krisma Jiwanti dan Dr. Tahta Amrillah.

Dr Tahta Amrillah melakukan kerjasama riset terkait dengan material lapisan tipis semikonduktor untuk aplikasi memory device. Risetnya terdanai oleh Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) skema postdoctoral standard program selama dua tahun di Tohoku University, Jepang.

Kerjasama Dr Prastika Krisma Jiwanti meliputi penelitian bersama dengan Keio University dan Tokyo University of Science mengenai pengembangan material intan konduktif untuk berbagai aplikasi sensor dan katalisis yang telah menghasilkan beberapa artikel di jurnal internasional bereputasi. Selain dari pada itu, inisiasi kerjasama penelitian bidang sensor kimia dengan The University of Tokyo.

Fokus Kerjasama Internasional

Sementara itu, Wakil Dekan 3 FTMM Prof Dr Retna Apsari MSi, IPM menyampaikan terkait skema internasionalisasi yang dapat dipilih oleh professor mitra, diantaranya adalah adjunct professor, research lecture, academic lecture, visiting fellow, join research, joint publication serta guess lecture.

“Mitra di Jepang juga sangat tertarik dengan kegiatan Universitas Airlangga khususnya best practices dari FTMM dalam bentuk international community development yang terintegrasi dengan academic lecture, field trip, cultural visit, dan juga community services,” kata Prof Retna.

Dijelaskannya FTMM mempunyai 3 jenis kegiatan internasionalisasi yang ditawarkan ke mitra Jepang yaitu : Sustainable Energy and Green Technology Integrations (SEGTA),  Sustainable Industrial Devices, Artificial Intelligence, and Internet of Things (SIDAFIT) dan Student Mobility Program and Industrial Visit of Advanced Technology (SMARTA).

Kerjasama Untuk Perwujudan SDGs

Prof Retna menegaskan tak kalah pentingya bahwa pelaksanaan kerjasama 4 PT top di Jepang  tersebut merupakan salah satu perwujudan dari implementasi realisasi  SDG’s poin 17 yaitu Partnership for the Goals. Kerjasama internasional tersebut juga bermanfaat bagi dosen, mahasiswa dan tenaga pendidik untuk meningkatkan partnership dan networking di level global dalam kegiatan tridharma PT bersama seluruh APL wilayah Jepang.

Sementara itu Dr Prastika mengatakan selanjutnya adalah terjalinnya kerjasama yang berkelanjutan dalam bidang riset, melalui aktivitas student outbound. Mahasiswa FTMM dapat melakukan kegiatan riset di salah satu laboratorium universitas di Jepang.

Prof Dwi Setyawan berharap bahwa implementasi dari kerjasama tersebut akan meningkatkan kualitas riset para dosen di FTMM, juga dapat memaksimalkan meaningfull research, serta resource sharing ketersediaan sarana dan prasaran peneliti bagi dosen dan mahasiswa. “FTMM senantiasa beraksi dengan kolaborasi, baik di level lokal, regional, nasional dan internasional,” katanya. rya

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts