FTMM Gelar Seminar Nasional tentang Future Industrialization

FTMM NEWS Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga kembali mengadakan kegiatan Seminar Nasional pada Hari Sabtu, 26 Agustus 2023. Kegiatan Seminar Nasional ini bertema “Future Industrialization: Automation Challenge and Impacts on Society, Health, and Manufacturing Technology”. Menurut Gunawan Setia Prihandana selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini, pemilihan tema ini berdasarkan kebutuhan atas strategi dan kebijakan untuk menjawab tantangan terkait dengan perkembangan teknologi industri, khususnya otomasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui manfaat serta upaya menjawab tantangan yang dihadapi seiring dengan perkembangan teknologi.

Wakil Dekan 2 FTMM, Dr. Imron Mawardi, membuka kegiatan ini mewakili Dekan FTMM yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Dr. Imron menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini, dan berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah kurang lebih 170 peserta dari berbagai kalangan, antara lain akademisi, mahasiswa, dan praktisi. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui zoom dan juga tersiar secara langsung melalui kanal youtube FTMM UNAIR.

Materi Seminar Nasional

Dr. dr. Niko Azhari Hidayat, Sp.BTKV (K), dosen Program Studi Teknik Industri FTMM UNAIR, menjadi pembicara pertama dalam kegiatan ini. Dr. Niko membawakan materi terkait pelaksanaan Tri Dharma in Digital Health Technology Industry.Dosen Program Studi Teknologi Sains Data, Muhammad Noor Fakhruzzaman, S.Kom., M.Sc., menjadi moderator dalam kegiatan ini. Pembicara kedua adalah Dr. Indra Chandra Setiawan dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Dr. Indra membawakan materi dengan judul “Toyota Mobility Concept 3.0 (Synergy of Mobility & Infrastructure)”. Pembica ketiga sekaligus pembicara terakhir adalah Prof. Budi Hartono dari Universitas Gadjah Mada. Materi ketiga ini berjudul “Automation: Human-Factors Engineering Perspectives”.

Setelah semua pembicara menyampaikan materinya, agenda selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Ratih Ardiati Ningrum, S.Si., M.Stat., dosen Program Studi Teknologi Sains Data menjadi moderator sekaligus pemandu kegiatan tanya jawab ini. Peserta terlihat sangat bersemangat dalam berpartisipasi dalam kegiatan ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan baik secara langsung maupun tertulis dalam chat box. Di akhir acara, Dr. Imron Mawardi menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada ketiga pembicara, sekaligus menyerahkan sertifikat secara simbolik. Kegiatan berakhir tepat waktu sekitar pukul 12.00 siang.

Penulis: Rizky Astari Rahmania

Editor: Andri Hariyanto

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X