EV-OS, Peluang Mahasiswa Baru Untuk Kembangkan Kendaraan Listrik

FTMM NEWSElectric Vehicle on Study (EV-OS) memberikan peluang bagi mahasiswa baru (maba) untuk ikut mengembangkan kendaraan listrik. Pada pameran BSO Karsa 2023 EV-OS menampilkan karya-karya buatan mereka untuk mengajak maba FTMM mengembangkan kendaraan bertenaga listrik.

EV-OS bermula dari mahasiswa-mahasiswa yang diajak oleh dosen untuk ikut proyek dosen. Proyek yang pertama dibuat ialah konversi vespa berbahan bakar BBM menjadi berbahan bakar listrik pada tahun 2021. Pada tahun 2022 fakultas memberikan kepercayaan kepada mereka untuk ikut dalam pengabdian masyarakat di Pulau Gili Iyang. Pada pengmas yang pertama EV-OS membawa produk berupa sepeda mini berbentuk sepeda lipat yang lebih mudah untuk mobilisasi. Selain Pengmas EV-OS juga mengikuti beberapa kejuaraan salah satunya PLN Innovation dengan produk yang Bernama BY-E. Pada kejuaraan tersebut EV-OS berhasil mengamankan posisi 4.

Bareno Fawwaz Rachmadhani General Manager dari EV-OS menjelaskan, untuk kedepannya EV-OS akan mengerjakan beberapa proyek untuk roda 4. Selain itu, kami juga akan berusaha untuk ikut dalam kompetisi-kompetisi mobil listrik. Jadi sebenarnya EV-OS tidak hanya bergerak pada kendaraan roda 2 tetapi untuk memulai inovasi-inovasi ini aku selaku ketua ingin anggota-anggota EV-OS ini kuat dari dasar pembuatan kendaraan listrik yaitu mulai dari kendaraan roda 2.

Kedepannya EV-OS akan bergerak pada kendaraan listrik secara general. Selain produk-produk kendaraan roda 2 mereka juga akan berusaha dalam pengembangan kendaraan roda 4 bertenaga listrik.

Harapannya MABA-MABA dapat melihat EV-OS ini sebagai wadah bagi mereka dalam berinovasi. EV-OS menerima seluruh MABA dari seluruh program studi karena mereka yakin dari berbagai maca program studi tersebut, mereka bisa memberikan sumbangsi mereka.

Penulis : Khahlil Gibran, Andri Hariyanto

Editor : Ananta Adhi Wardana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X