Enam Mahasiswa FTMM UNAIR Ikuti PIMNAS 2023

FTMM NEWS – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan ide kreatif dan inovatifnya. Puncak dari keberhasilan PKM ini mencapai tingkat nasional melalui Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). PIMNAS memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggali lebih dalam kreativitas mereka dan melakukan riset.

Universitas Airlangga (UNAIR) tidak absen dalam ajang bergengsi tersebut. UNAIR resmi memberangkatkan kontingen PIMNAS Pada Kamis (23/11/2023) di  Kantor Manajemen, Kampus MERR-C. PIMNAS ke-36 tahun 2023 akan berlangsung pada 26 November – 1 Desember 2023 di Universitas Padjajaran (UNPAD), Jawa Barat. 

Dua tim mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisplin (FTMM) akan bersaing dalam PIMNAS ke-36. Mereka adalah Diaz Samsun Alif (TE 2020), Ach. Jazilul Qutbi (TRKB 2021), Muhammad Wisnu Maulana (TRKB 2021), Cahyan Irfan Syach (TRKB 2021), Anis Widya Astuti (TRKB 2021), dan Egah Qusay Fatanasyah (TRKB 2022). Bersama dengan timnya, enam mahasiswa tersebut akan bersaing dengan lebih dari 500 tim dari 107 perguruan tinggi se-Indonesia.

Dalam pelepasan kontingen tersebut, Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak., rektor UNAIR yakin dan percaya bahwa sembilan tim UNAIR dapat memberi hasil terbaik dalam PIMNAS. Sebagai tanda penghargaan, Prof. Nasih memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan mengajukan pembebasan skripsi bagi kontingen yang akan berlaga dalam PIMNAS.

Ini Kata Diaz Mahasiswa FTMM

Dalam wawancara dengan FTMM NEWS, Diaz Samsun Alif, menyampaikan inovasi ia dan timnya. Mereka mengusung jam tangan pintar (smartwatch) pendeteksi diabetes 3in1 (glukosa, HbA1c, dan keton) secara noninvasif. Inovasi kreatif tersebut bernama “Smartose”.

“Harapannya, semoga kami dapat membawa pulang medali emas untuk UNAIR, terkhusus untuk FTMM. Melalui prestasi ini, semoga nantinya dapat membanggakan UNAIR dan FTMM,” ucap Diaz.

Sementara itu, Diaz juga berpesan kepada mahasiswa untuk terus semangat berjuang, terlebih bagi mahasiswa yang telah mengikuti Kompetisi Ilmiah Mahasiswa (KIM). Perjuangan tersebut harus terus berlanjut hingga event ini di tahun berikutnya.

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh

Editor : Andri Hariyanto

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts