Edukasi Mengenai Pentingnya Data Science untuk Masa Depan

Mengenal Data Science

FTMM NEWS – Lebih dari sekadar ilmu canggih, data science atau sains data menyentuh berbagai aspek kehidupan kita. Sebagai contoh, dalam ramalan cuaca (Hiran, 2021), cuaca di masa mendatang diprediksi berdasarkan data cuaca sebelumnya dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Ada beberapa cara untuk mempelajari data science, baik secara online maupun offline.

Anda bisa ambil kursus online di Coursera, EdX, dan Udemy, dari level pemula hingga mahir. Anda juga bisa ikut bootcamp Data Science, program pelatihan intensif beberapa bulan yang memberikan pelatihan praktis dalam berbagai teknik dan alat data Science. Beberapa universitas menawarkan program gelar sarjana dan pascasarjana di sains data untuk pendidikan yang lebih mendalam.

Peranan Sains Data dan Dampaknya

Sementara itu. karena peranannya yang sangat penting dalam kehidupan, pendidikan mengenai bidang sains data dianggap sangat penting. Sains data adalah ilmu yang memadukan matematika/statistika, komputer (coding), dan pemahaman bisnis untuk menghasilkan wawasan yang berguna dalam pengambilan keputusan berdasarkan data (Conway, 2010). Untuk menjadi seorang Data Scientist, tidak diperlukan keahlian yang sangat ahli dalam semua bidang tersebut (Song, 2016), tetapi setidaknya harus memiliki pemahaman dasar di masing-masing bidang tersebut.

Disamping itu, tahun 2012, pekerjaan sebagai Data Scientist dianggap sangat menarik (Davenport, 2012), dan hingga saat ini, status ini masih bertahan karena banyak perusahaan menyadari pentingnya mengelola Big Data dan membutuhkan ahli yang mampu mengolahnya (Davenport, 2012). Apalagi di Indonesia, banyak perusahaan yang menggunakan Data Science, dengan gaji tertinggi mencapai sekitar Rp.71.000.000 per bulan (Glasdoor, 2022).

 

Referensi

Conway, D. (2010). The Data Science Venn Diagram.

Davenport, T. H. (2012). Data Scientist: The Sexiest Job of the 21st Century. Harvard Business Review , 90: 70–76. .

Glasdoor. (2022). “How Much Does a Data Scientist Make in Indonesia?”. Retrieved from https://www.glassdoor.com/Salaries/indonesia-data-scientist-salary-SRCH_IL.0,9_IN113_KO10,24_SDAS.htm.

Hiran, K. K. (2021). Machine Learning for Sustainable Development. eds. Kamal Kant Hiran, Deepak Khazanchi, Ajay Kumar Vyas, and Sanjeevikumar Padmanaban. De Gruyter.

Song, I. Y. (2016). Big Data and Data Science: What Should We Teach? Expert Systems, 33(4): 364–73.

 

Penulis : Richard Raffael Dwi Nanda

Editor : Andri Hariyanto, Muhammad Alesha Fadhana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts