Edukasi Literasi Digital untuk Masyarakat Tuban yang Siap Hadapi Kemajuan Zaman

FTMM NEWS – Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar program edukasi bagi masyarakat umum daerah terpencil. Program ini bertujuan untuk mendukung UNAIR dalam mencapai poin SDGs Empat yakni Pendidikan Bermutu.

Pada kesempatan ini, FTMM  memilih masyarakat pinggiran Tuban yang tergolong desa pelosok, serta memiliki akses yang sangat terbatas pada literasi digital. Pengetahuan teknologi dapat membantu masyarakat dalam mengatasi ketimpangan sosial ekonomi. Maka, UNAIR melalui Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) bermaksud untuk  memberdayakan daerah terbelakang yang berada di Tuban dengan menggandeng Komunitas Relawan TIK (RTIK).

Salah satu rangkaian edukasi literasi digital berupa webinar bertajuk ‘Persiapan Menuju Teknologi Sains Data yang Unggul 2030′. Program itu juga merupakan bentuk hasil kolaborasi antara Komunitas Relawan TIK (RTIK) dengan FTMM Universitas Airlangga.

 

Pentingnya Memahami TIK

Ratih Ardiati Ningrum, S.Si., M.Si., M.Stat selaku dosen Teknologi Sains Data menjelaskan pentingnya generasi milenial untuk cerdas ber-TIK. Saat ini, Indonesia masih tertinggal dengan negara lainnya.

“Kita masih menyiapkan revolusi 4.0, Jepang sibuk menuju society 5.0,” jelas Ratih.

 Target menuju Indonesia Emas 2045, mengharuskan generasi muda untuk melek inovasi dan teknologi. Inovasi dan teknologi menjadi hal yang sangat krusial. Generasi muda perlu benar-benar memahami dan turut berkontribusi. Mereka lah (generasi muda, Red) yang kelak akan menjadi pemimpin negeri ini.

 

Manfaat Sains Data

Sains Data, menurut Ratih, dapat diterapkan pada banyak bidang, seperti sosial, komunikasi, kesehatan, industri, serta finansial dan bisnis. Namun,sebelum mempelajari sains data, ada enam hal yang perlu dipersiapkan; kemampuan analisis, programming, memecahkan masalah, kemauan terus belajar dan keingintahuan, serta memperbanyak praktik.

Dengan adanya program edukasi, Ratih berharap masyarakat akan memperoleh pendidikan yang setara dan memiliki kesempatan dalam pekerjaan maupun wirausaha.(*)(wil)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts