Edukasi E-Resources Library Mahasiswa TRKB

FTMM NEWS – Sebanyak 25 mahasiswa Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (TRKB) ikuti kelas pembelajaran e-resources library, dari praktisi Perpustakaan Universitas Airlangga, Jumat (16/9). Kelas ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Metodologi Penelitian.

Kelas singkat ini menghadirkan pemateri Indah Rachma Cahyani, S.IIP., M.A. Mata kuliah ini berisikan materi tentang penelusuran dan penulisan pustaka dalam artikel ilmiah dengan memanfaatkan e-resources library and references manager melalui repository, Mendeley, literatur dan systematic review, penyusunan hipotesis, klasifikasi dan operasionalisasi variabel, rancangan penelitian, sampling dan sample size, dan instrumen penelitian).

Dalam paparannya, Indah menjelaskan bagaimana cara mengakses informasi atau menelusur artikel berdasarkan keyword yang dipilih mahasiswa, lalu mengorganisasi dengan mendeley. Proses pencarian dimudahkan dengan Open VPN, kalau akses berada diluar area kampus. 

“Kimia, Social Science, dan lain-lain. Kalau misal kita pilih engineering, tinggal centang saja di bagian subject area,” jelas Indah didepan mahasiswa. Kalau dalam proses pencarian tidak dikualifikasi cakupan areanya, hasil pencarian dari keyword sangat banyak. Maka memang perlu ada filterisasi dalam proses ini. Yang tidak kalah penting, sesudah menemukan judul tulisan yang dicari, mahasiswa bisa membaca sekilas abstrak. Abstrak berisi informasi umum dari tulisan yang dibutuhkan mahasiswa.(and)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts