Dosen TRKB Sikapi Penggunaan VAR dalam Liga Sepak Bola Indonesia

FTMM NEWS – Pada 2023 lalu, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI, menyampaikan pemberlakuan Video Assistant Referee (VAR) perdana dalam Liga Sepak Bola Indonesia pada Februari 2024. Namun kenyataannya, uji coba VAR pertama berlangsung pada Maret 2024 dalam laga final Elite Pro Academy Liga 1 U-20. Pertandingan tersebut antara Persita Tangerang U-20 versus Persis Solo U-20.

VAR terkenal akan kecanggihan teknologinya. Pasalnya, sistem pada VAR berguna membantu wasit dalam mengambil keputusan kontroversial selama pertandingan berlangsung. Teknologi tersebut membutuhkan tim wasit tambahan yang bertugas mengawasi pertandingan dengan memantau video dari berbagai sudut pandang.

Manfaat dan Tantangan

Menyikapi penggunaan perdana VAR dalam liga sepak bola Indonesia, Rodik Wahyu Indrawan, S.ST., M.Tr.T, menjelaskan bahwa VAR berfungsi untuk meningkatkan keadilan, hingga meningkatkan integritas pertandingan.

“Dengan VAR, wasit mendapatkan kejelasan atas keputusan yang diambil. Hal ini dapat mengurangi potensi terjadinya perdebatan dan kebingungan akibat keputusan kontroversial. Melalui VAR, sepak bola Indonesia memperlihatkan komitmen untuk memperbaiki standar pengadilan dan memastikan bahwa pertandingan berjalan dengan adil dan transparan,” ujar dosen Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan tersebut.

Sementara itu, menurut dosen UNAIR tersebut, VAR terbukti efektif dalam peningkatan keadilan dan akurasi pertandingan di berbagai negara. Tentu, hadirnya VAR dapat memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan sepak bola di tanah air.

Layaknya pisau bermata dua, VAR juga menghadirkan tantangan tersendiri di balik banyak keuntungan atas penerapannya. Teknologi canggih tersebut dapat menyebabkan ketergantungan berlebihan dalam penggunaannya, yang berujung mengganggu pertandingan. Tak terkecuali, VAR menyebabkan kesulitan dalam menginterpretasikan beberapa kondisi, seperti situasi offside yang sangat tipis.

“Penanganan tantangan tersebut dengan menyelenggarakan pelatihan menyeluruh bagi semua pihak yang terlibat. Pelatihan ini harus memastikan pemahaman yang jelas tentang peraturan, prosedur penggunaan, serta cara mengintegrasikan VAR tanpa mengganggu jalannya pertandingan,” terangnya.

Fakta Menarik

Dosen dengan research interest mekatronika itu juga membeberkan beberapa fakta menarik tentang penerapan VAR. Penggunaan VAR dapat menarik investor dan sponsor akibat penyelenggaraan pertandingan yang profesional dan adil. Imbasnya, dapat terjadi peningkatan investasi dalam sepak bola Indonesia dengan tetap mengawasi pengimplementasiannya.

Banyak yang belum tahu, tidak semua insiden dapat dipantau menggunakan VAR. Sehingga, tim terkait akan memeriksa situasi yang menjadi pemicu keraguan dalam pertandingan.

“Wasit lapangan tetap dapat mempertahankan otoritas dan memilih akan menerima atau menolak saran usulan tim VAR. Adanya VAR ini telah memengaruhi strategi pertandingan. Hendaknya, pemain lebih berhati-hati dalam melakukan pelanggaran dan mencari keuntungan dari situasi yang ambigu,” tutup Rodik.

 

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh

Editor: Ananta Adhi Wardana

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts