Dosen TI FTMM Pamerkan Membran Polimer Untuk Filter Air Di InACE

InACE

FTMM NEWS – International Conference on Academia-Community Engagement (InACE) adalah seminar internasional yang memberikan kesempatan kepada akademisi, peneliti, profesional, mahasiswa dan organisasi dari seluruh bagian dunia, untuk berbagi informasi dan pengalaman terkait kegiatan yang berguna bagi masyarakat. Kali ini, seminar internasional InACE mengambil tema “Synergizing MADANI: A Collaborative Approach to Global Academic Community and Partnership Success”. 

Pada kesempatan ini, Gunawan Setia Prihandana, Ph.D., Dosen Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Maju dan Multidisplin Universitas Airlangga (FTMM UNAIR), memberikan presentasi terkait aplikasi dari membran polimer sebagai media filter pada sistem penyaringan air. Untuk meningkatkan performa dari membran penyaring, dapat menambahkan zat aditif ketika proses pembuatan membran. Lembaran membran yang sudah terbentuk kemudian digulung sehingga menjadi sebuah spiral wound module. Alat ini mampu membersihkan air dari bakteri dan koloid. Untuk penggunaannya, spiral wound module ini bisa langsung dipasang pada dispenser air yang sudah banyak beredar di Indonesia (Gambar 1). Selain itu, spiral wound module juga portabel jadi sangat sesuai untuk daerah yang terpencil atau sedang terdampak bencana.  Sehingga air bersih lebih muda untuk diakses (Gambar 2).

Gambar 1 Penggunaan spiral wound module pada dispenser air
Gambar 2 Penggunaan spiral wound module pada sistem penyaring air portabel

Ketika sesi presentasi berlangsung, ada beberapa pertanyaan dan masukan dari peneliti yang bergerak pada bidang yang sama, yaitu teknologi membran. Dari sesi tersebut, kedepannya semoga ada kolaborasi antar peneliti dari berbagai negara yang berguna untuk membantu mengatasi krisis air yang saat ini terjadi.

Penulis : Gunawan Setia Prihandana

Editor : Muhammad Syahril Mubarok

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts