Dosen Teknologi Sains Data Jelaskan Potensi Sains Data untuk Masa Depan

FTMM NEWS – Beberapa daerah dengan indikasi 3T di Indonesia masih merasakan hal yang biasa disebut ketimpangan pendidikan. Fakta ini merupakan tantangan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Utamanya  dalam mewujudkan SDGs Empat, mengenai Pendidikan Bermutu.

Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang banyak wilayah pedesaaannya memiliki akses terbatas terhadap literasi digital. UNAIR melalui Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin berkolaborasi dengan Komunitas Relawan TIK (RTIK) sebagai upaya mewujudkan kesetaraan pendidikan.

Agenda kolaborasi tersebut dibuka dengan wokshop yang mengulas informasi perkembangan teknologi. Topik yang di angkat dalam acara daring itu adalah ‘Teknologi Sains Data serta Potensi di Masa Depan’. Masyarakat Tuban dan sekitarnya dari berbagai kalangan usia turut hadir dalam agenda ini. Program ini adalah wujud kerjasama Komunitas Relawan TIK (RTIK) dan FTMM Universitas Airlangga.

M. Noor Fakhruzzaman, S.Kom., M.Sc selaku dosen Teknologi Sains Data menjelaskan program edukasi teknologi sains data berfokus pada apa yang dimaksud dengan Sains Data dan bagaimana data tersebut dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

“Secara literal, sainsberarti ilmu, data berarti data. Jadi, sains data merupakan ilmu yang mempelajari perihal data,” tandasnya.

Ruzza, sapaan akrabnya, juga menjelaskan jika Sains Data ada pada bidang multidisiplin, yang berarti dapat digolongkan dalam IPA, IPS, serta Bahasa. Referensi yang diterapkan dalam sains data bisa berasal dari berbagai tempat, seperti media sosial dan internet. Ruzza menekankan sumber data layaknya tambang emas.

“Banyak hal yang berguna dan yang tidak berguna. Jadi, data scientist harus memilah-milah mana informasi yang berguna untuk menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat,” jelasnya.

Teknologi Sains Data memiliki potensi yang baik untuk masa depan. Ha ini memungkinkan, karena Sains Data dapat diterapkan pada bidang kesehatan atau medis, sosial dan komunikasi, industri, serta finansial dan bisnis.(*)(wil)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X