Dosen FTMM Membahas Potensi Bisnis Teknologi Maju di Berbagai Bidang 

FTMM NEWS – Pengantar Teknologi Maju (PTM) merupakan sebuah mata kuliah wajib yang diikuti lima program studi di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM), yang terdiri dari program studi Rekayasa Nanoteknologi, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, serta Teknologi Sains Data. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa sebuah teknologi mutakhir dan maju yang dapat dikembangkan dengan menggabungkan interdisiplin ilmu di FTMM. Pada pertemuan terakhir kuliah ini diisi oleh dr. Niko Azhari Hidayat, Sp.BTKV yang memberikan materi tentang Bisnis Teknologi Maju. 

Dalam penjelasannya mengenai Bisnis Teknologi Maju, Niko menyebutkan sebagai mahasiswa FTMM yang multidisiplin, mahasiswa harus pintar mencari peluang dan persistent dalam mencari ide, membaca, serta optimis. Hal yang ditekankan adalah harus open minded dan bergaul dengan segala teman di fakultas maupun jurusan lain, bahkan di negara lain, dengan latar belakang suku, ras, dan agama, baik yang sama maupun berbeda.

Sebagai negara berkembang, Indonesia masih memiliki banyak ketidaksetaraan, baik itu di teknologi, pendidikan, ekonomi, maupun kesehatan; tapi tentu itu bukan menjadi penghalang untuk mencapai kesetaraan di berbagai bidang. Niko menyebutkan banyak mahasiswa Indonesia di luar negeri memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan mahasiswa asing. Dia menekankan bahwa kita harus mulai melakukan kuliah secara penuh dalam Bahasa asing, misalnya dengan perjanjian ada hari di mana semua aktivitas akademik disampaikan dalam Bahasa Inggris. 

 

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencapai kesetaraan pelayanan kesehatan di Indonesia dengan melakukan penelitian berbasis medical robot, seperti yang sudah banyak dilakukan di luar negeri. Hal ini dilandasi dengan berkembang pesatnya big data, AI, IoT, dan drones, harusnya bukan hal tidak mungkin untuk mengembangkan sesuatu yang baru di Indonesia.

Tidak hanya itu, Niko menjelaskan bahwa banyak bidang entrepreneurship  yang bisa dilakukan demi mencapai posisi ekonomi yang proporsional dengan negara lain, seperti adanya medical tourism di Indonesia yang dapat mempromosikan budaya, sosial dan ekonomi di Indonesia secara universal. Sebagai mahasiswa, melalui mata kuliah ini, Niko memberikan gambaran tentang perspektif yang harus mulai dibangun di masa mendatang dan mempertimbangkan masalah apa yang ada di masa mendatang, yang bisa dicarikan solusinya dari sekarang dengan sebuah teknologi.

Di akhir perkuliahan, dia memberikan beberapa video dari Universitas di Belanda yang memiliki jurusan Teknologi Maju dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk terus berkarya guna dapat menyelesaikan permasalahan di Indonesia, maupun dunia. 

Contributor: Amalina

Link youtube: https://www.youtube.com/watch?v=YTrIQqPmnrk

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts