Dosen Elektro UNAIR Berikan Pelatihan Desain Battery Pack untuk Synthetic Aperture Radar kepada PUSTEKBANG LAPAN

FTMM NEWS – Elang Hitam merupakan nama Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) yang dibangun untuk menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman udara yang dapat dikendalikan dari jarak 250km. Pengembangan PUNA ini dapat menumbuhkembangkan industri dalam negeri, sesuai dengan mandat Undang-Undang No.16 Tahun 2012 perihal Industri Pertahanan.

Elang Hitam merupakan wujud kolaborasi antara BUMN dan enam Lembaga, termasuk Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). LAPAN bertanggung jawab pada Sistem Komunikasi, Sistem Misi, dan Operasi.

Farohaji Kurniawan selaku Group Leader mengungkapkanbahwa LAPAN membentuk tiga Work Package pengembangan PUNA, yakni ; tim SAR, Komunikasi, dan Test Bench Pesawat Terbang Tanpa Awak.
“Pelatihan ini adalah kesempatan berharga untuk meningkatkan kemampuan, menambah wawasan, serta pemahaman tentang battery management system. Mudah-mudahan Mbak Dewi dan timnya menjadi salah satu pakar pengembangan battery pack dan BMS syukur-syukur bisa naik ke ranah Nasional,” tambah Farohaji dalam sambutan sekaligus membuka acara pelatihan.

 

Harapan

Program pelatihan battery management system merupakan kesempatan berharga, kesempatan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan guna menambah wawasan. Harapannya dapat melahirkan pakar pengembangan battery pack dan battery management system tingkat Nasional bahkan Internasional.

Dokumentasi kegiatan di PUSTEKBANG LAPAN

Dewi Anggraeni selaku Leader dari Tim SAR turut menyampaikan “Pelatihan digelar dengan harapan dapat membantu meningkatkan skill tim dalam mengintegrasikan secara detail hardware, firmware dan software. Tujuannya supaya menjadi bekal dalam berkarya di Pusat Teknologi penerbangan. Kerjasama yang luar biasa bersama tim pak Agus membawa harapan kedepan untuk dapat bersinergi dalam membangun peningkatan kerjasama pengembangan teknologi di Indonesia yang lebih baik,” ungkapnya.

Agus Mukhlisin, S.T., M.T, pada agenda ini menggandeng tim dari PT. Wiksa Daya Pratama dalam menggelar pelatihan bertajuk ‘Desain Battery Pack terintegrasi dengan Aplikasi Android’ secara daring.

Peserta pelatihan tersebut adalah seluruh anggota PUSTEKBANG LAPAN yang dibagi menjadi tiga kelompok, yakni tim hardware, tim Firmware dan tim Software

Materi Pelatihan

Hardware Firmware Software
Desain Battery Pack untuk Synthetic Aperture Radar (SAR)
Perancangan Hardware Data Logger Battery Pack untuk SAR

Pengantar Desain PCB (Printed Circuit Board)

Pengenalan Software PCB

Membuat Library pada Software PCB

Membuat Schematic pada Software PCB

Board Editor pada Software PCB

Pengantar Desain Firmware

Perancangan Firmware Data Logger battery pack untuk SAR

Pengenalan Development Tools Mikrokontroler STM32

Implementasi  peripheral GPIO,Timer, dan FreeRTOS pada mikrokontroler stm32

Penerapan peripheral SPI untuk mengakses perangkat MRAM dan SD CARD pada mikrokontroler STM32

Implementasi Algoritma Coulomb Counting untuk estimasi SoC Baterai Pack pada STM32

 

 

“Pelatihan ini merupakan bentuk sinergi untuk memperkuat kemandirian teknologi Bangsa Indonesia, semoga kedepan dapat menjadi role model untuk Lembaga litbang lainnya,” pungkasnya.(*)(wil)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts