Day 2, Mahasiswa Terima Pembekalan Bahaya Pinjol

FTMM NEWS – Ancaman bahaya pinjaman online (pinjol) menjadi topik menarik materi yang tersaji dalam hari kedua dalam pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNAIR, Sabtu (19/08) di Gedung Kuliah Bersama Kampus C.

Materi ini menjadi topik yang diberikan kepada mahasiswa yang hadir di ruang 2.08, dengan pembicara pertama materi org, Dr. Mira Triharini, S.Kp., M.Kep dari Fakultas Keperawatan. Dr. Mira bilang, dalam ranah pinjaman online, menjadi isu yang sempat viral akhir-akhir ini di lingkungan kampus. Terlebih, apa yang pernah terjadi di kampus ternama di Indonesia, dimana melibatkan korban jiwa.

Problem pinjol berpotensi melibatkan mahasiswa sebagai korban, karena sejumlah kondisi. Misal, status mahasiswa sebagai pendatang. Faktor hidup jauh dari keluarga ikut mempengaruhi pinjol. Dalam klasifikasi masalah mental, pinjol merupakan salah satunya. Selain itu, problem lain dalam konteks masalah mental bisa berupa home-sick, stress, kecemasan, perundungan, permasalahan asmara, sampai kekerasan verbal atau psikis.

Dalam kesempatan ini, Annisa Tartilla Sa’baniah mahasiswa Prodi Antropologi FISIP sempat bertanya perihal sejauh mana Help Center Airlangga Peduli, mengakomodasi kebutuhan penanganan lebih lanjut.

“Apakah tetap free kalau misal ada proses rujukan atas masalah,” ujar Nisa.

Dalam merespon pertanyaan itu, Dr. Mira mengaku Help Center Airlangga Peduli punya komposisi tim seperti psikolog. Tim akan melihat lebih jauh bagaimana akar masalah dari tiap mahasiswa yang mengadukan problemnya. Perihal pertanyaan Annisa, Dr. Mira menyarankan bisa konfirmasi lebih lanjut via telegram, sosial media sampai email Help Center Airlangga Peduli.

 

Penulis : Andri Hariyanto

Editor : Ananta Adhi Wardana

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts