Data Scientist Wajib Tahu! Ini Situs untuk Belajar Structured Query Language (SQL) 

Figure 1 Photo by Caspar Camille Rubin on Unsplash

Figure 1 Photo by Caspar Camille Rubin on Unsplash

FTMM NEWS – Sebagai seorang data scientist, harusnya kita paham dengan basis data atau database. Nah, dalam database terdapat bahasa khusus yang harus kita kuasai yaitu SQL. Apa itu SQL? SQL adalah Structured Query Language, artinya, bahasa untuk mengakses data yang terstruktur dalam komputer khususnya digunakan untuk manajemen data. SQL merupakan bahasa standar dan didukung hampir pada semua server database (MySQL, MS SQL Server, PostgeSQL, etc.).

Lalu, bagaimana cara belajar SQL? Haruskah kita menunggu datangnya mata kuliah Pengantar Basis Data? Jawabannya “Tentu tidak”, belajar mandiri bisa dimulai dari sekarang! Berikut beberapa situs yang bisa kita gunakan untuk belajar SQL;

  1. W3School – SQL Tutorial – https://www.w3schools.com/sql/  

Website ini cukup terkenal sebagai Gudang belajar pemrograman, khususnya pemrograman Web. SQL tentunya tidak ketinggalan sebagai aspek penting dalam pemrograman Web. Kalian bisa kunjungi website ini dan mulai belajar. Gratis!

  1. Codecademy – Learn SQL – https://www.codecademy.com/learn/learn-sql 

Dalam Codecademy, pembelajaran dilakukan secara interaktif dan terstruktur. Website tersebut juga memberikan tantangan tantangan untuk diselesaikan sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Sistem poin seperti pada game juga diterapkan agar kalian semakin termotivasi!

  1. SQLZoo – https://sqlzoo.net/ 

SQLZoo merupakan sistem belajar yang dikembangkan oleh Edinburgh Napier University. SQLZoo memiliki kursus SQL dalam beberapa platform database management terkenal seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, dan SQL Server. SQLZoo memiliki tiga bagian: Tutorial, Tugas, dan Sumber referensi. Kelebihan lain dari belajar di SQLZoo mengenai SQL adalah, kamu bisa belajar tanpa perlu melakukan pendaftaran!

  1. Codewars – SQL – https://www.codewars.com/?language=sql 

Codewars merupakan website yang memberlakukan belajar programming seperti belajar bela diri. Kalian akan dihadapkan dengan berbagai challenge dan musuh yang harus dikalahkan. Setelah menyelesaikan beberapa tantangan, anda bisa naik tingkat! Website ini juga menyediakan Bahasa pemrograman lainnya.

Itulah beberapa situs untuk belajar SQL secara mandiri. Mengingat pentingnya SQL dalam manajemen data, ga ada ruginya belajar mulai sekarang!

Penulis: Muhammad Noor Fakhruzzaman, S.Kom., M.Sc.

Sumber: 

  1. https://www.domainesia.com/berita/apa-itu-sql-adalah/
  2. https://www.mysql.com/ 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts