Data Science: Peluang Baru dalam Meningkatkan Kualitas Gim

FTMM NEWS – Developer terus mengembangkan gim dengan pesat, seiring dengan munculnya teknologi baru yang mengubah cara kita bermain gim. Data science kini berperan penting dalam menghadirkan pengalaman bermain yang lebih imersif, personal, dan kompetitif. Artikel ini mengupas beberapa konsep data science dalam pengembangan suatu gim.

  • Reinforcement Learning

Developer menggunakan Reinforcement Learning untuk melatih NPC (Non Playable Character) agar berperilaku realistis dan beradaptasi dengan gaya bermain pemain. algoritma ini juga memastikan bahwa semua pemain memiliki kesempatan yang sama untuk menang.

  • Natural Language Processing (NLP)

NLP memiliki peran penting untuk menciptakan dialog yang realistis dan menarik antar NPC dengan pemain. Hal ini menjadikan gim lebih imersif dan terlihat interaksi yang alami.

  • Generative Adversarial Networks (GAN)

GAN berfungsi sebagai alat untuk peningkatan visual game seperti tekstur, pencahayaan, dan efek visual gim (level, item character). Di samping itu, GAN memfasilitasi untuk membuat gim yang lebih kompleks dengan sedikit waktu dan sumber daya.

Penerapan konsep data science dalam game jauh lebih kompleks. Konsep di atas merupakan contoh bagaimana data science berguna dalam meningkatkan pengalaman bermain dan pembuatan gim yang lebih baik. Seiring dengan perkembangan teknologi, penerapan data science akan semakin inovatif dan menarik di dunia gim di masa depan.

Referensi

El-Nasr, M. S., Nguyen, T. H. D., Canossa, A., & Drachen, A. (2021). Game data science. Oxford University Press.

Alonso-Fernández, C., Calvo-Morata, A., Freire, M., Martínez-Ortiz, I., & Fernández-Manjón, B. (2019). Applications of data science to game learning analytics data: A systematic literature review. Computers & Education, 141, 103612.

Penulis : Radam Gumelar, mahasiswa Teknologi Sains Data
Editor : Muhammad Alesha Fadhana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts