Data Science: Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Masyarakat

Kesehatan Masyarakat yang Mudah Diprediksi dengan Data Science

FTMM NEWS – Munculnya data science merupakan salah satu kemajuan yang signifikan pada era digital. Data science merupakan sebuah penggabungan ilmu komputer, matematika, dan statistik untuk menganalisis data dalam jumlah besar (big data). Beberapa literatur menyatakan bahwa hasil analisis data science dapat memprediksi masa depan dan membantu menciptakan tren masa lalu. Demikian sehingga data science sangat memungkinkan dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat. 

Pada bidang kesehatan, tentunya layanan kesehatan menghasilkan data dalam jumlah besar seperti data klinis dan data biometrik. Data tersebut sangat membantu tenaga kesehatan dalam menghadapi permasalahan kesehatan masyarakat. Hal itu menjadikan data science sebagai strategi dalam peningkatan layanan kesehatan masyarakat secara optimal.

Alur Kerja Layanan Kesehatan Yang Efektif Dan Efisien.

  • Alokasi Sumber Daya Kesehatan Lebih Optimal.

Informasi mengenai banyaknya data jumlah pusat layanan kesehatan serta tenaga medis pada tiap daerah, akan memprediksi banyaknya jumlah kunjungan pasien. Hal itu memudahkan rumah sakit untuk menyiapkan kebutuhan sumber daya kesehatan.

  • Pemerataan Layanan Kesehatan

Data science membantu mengidentifikasi daerah-daerah yang kekurangan akses layanan kesehatan seperti daerah terpencil sehingga pemerataan layanan kesehatan akan lebih terarah.

Senjata Ampuh Melawan Penyakit

  • Mempercepat Kesembuhan Pasien

Data science memudahkan dokter dalam melakukan diagnosis penyakit pasien. Dokter dapat memilih perawatan yang tepat, seperti pemilihan obat dan penggunaannya dalam dosis tertentu. Melalui tren kesehatan serta aktivitas keseharian masyarakat, data science dapat memprediksi wabah penyakit yang akan menyerang masyarakat.

  • Membuka Jalan Penemuan Obat Yang Efektif Dan Efisien

Para ilmuwan menggunakan data science untuk membantu proses penemuan obat untuk mengembangkan senyawa yang ada didalamnya. Disamping itu, analisis data transkriptomik, genomik, dan proteomik yang membantu dalam mengidentifikasi molekul penyakit dalam pembuatan obat.

Penerapan data science dalam layanan kesehatan masyarakat akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi. Namun, kita harus menghadapi banyak tantangan seperti kebocoran data serta ketidakcocokan data. Oleh karena itu, perlu keterampilan mendalam serta kolaborasi dengan berbagai pihak dalam penggunaan data science.

Referensi :

Batko, K., Slęzak, A. (2022). The use of Big Data Analytics in healthcare. J Big Data 9, 3. https://doi.org/10.1186/s40537-021-00553-4 

Hardy, Gregory. (2024). Big Data Health Science Center Brings Big Minds, Big Ideas. University of South California. Diperoleh dari https://www.sc.edu/uofsc/posts/2024/04/big-data-health-science-center-big-ideas.php 

Vivek, Jahana. Data Science in Healthcare Industry: Benefits, Strategies, Applications, Tools and Future Trends. Diperoleh dari Data Science in Healthcare: Importance, Benefits & Tools (zucisystems.com) 

Penulis: Penulis bernama Fatma Hidayatul Khusna, Mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Program Studi Teknologi Sains Data, Universitas Airlangga dengan NIM 164231002. 

Editor : Muhammad Alesha Fadhana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts