Data Analyst Dalam Dunia NBA : Is it Relevant?

Sains Data dalam NBA

FTMM NEWS – Peran seorang data analyst dalam NBA sangat vital dalam membantu tim untuk mengambil keputusan strategis. Dengan melibatkan analisis statistik yang mendalam, data analyst membantu mengidentifikasi pola dan tren yang mungkin tidak terlihat secara langsung. Mereka menganalisis data pemain, performa tim, dan strategi lawan untuk memberikan wawasan berharga kepada pelatih dan manajemen.

Scouting

Data analyst membantu tim scouting dalam mengoptimalkan proses mereka dengan memberikan data yang akuntabel. Data analyst secara aktif mengumpulkan dan menganalisis data statistik pemain dari berbagai sumber untuk mengevaluasi kemampuan dan potensi mereka. Mereka juga menggunakan data untuk membantu memprediksi potensi dan performa masa depan pemain, membantu tim membuat keputusan investasi yang cerdas. Dengan peran mereka yang terus berkembang dalam industri olahraga profesional, data analyst membawa dampak besar dalam membentuk strategi scouting. Hasil nya pun sangat efektif dalam mengidentifikasi bakat-bakat tersembunyi yang dapat menjadi aset berharga bagi tim NBA.

Performa Tim

Data analyst NBA secara aktif menganalisis statistik dan performa pemain untuk mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan. Data analyst membantu merancang strategi permainan yang lebih efektif dengan menganalisis pola dan tren dalam data statistik. Mereka menggunakan analisis data untuk membantu pelatih menentukan rotasi pemain yang optimal berdasarkan performa dan kebutuhan tim. Data analyst membantu mengidentifikasi area perbaikan dalam performa tim, seperti efisiensi serangan, pertahanan, atau reaksi terhadap situasi tertentu.

Prediksi dan Mencegah Cedera

Banyak tim di era sekarang yang mengumpulkan data-data spesifik berupa sampel darah dan saliva pemain sampai dengan sleep monitor para pemain untuk prediksi performa dan menjaga kesehatan fisik para pemain. Aplikasi dari data analisis tersebut membuktikan bahwa tingkat ke “kelelahan” sebuah pemain dapat mempengaruhi risiko sebuah pemain terkena cedera. Dan oleh karena itu, istirahat atau rest day merupakan cara yang optimal buat mengurangi risiko pemain terkena cedera. Hal ini pun sudah dapat kita lihat di dunia NBA sekarang, dimana banyak pemain sengaja tidak dimainkan. Dan yang tidak dimainkan rata-rata adalah pemain kunci, demi menjaga kesehatan dan mengurangi risiko cedera pemain tersebut.

 

Dalam dunia NBA yang kompetitif, Kita tidak boleh meremehkan pekerjaan data analyst  karena mereka sangat membantu dalam membantu tim mencapai kinerja optimal. Melalui analisis statistik yang mendalam, data analyst membantu mengungkap pola dan tren yang mendasari performa pemain dan strategi permainan. Dengan adanya data analyst, Pengetahuan dan teknologi yang canggih sekarang dapat mendukung kesuksesan banyak tim di NBA. Dengan demikian, penting bagi setiap tim NBA untuk mengakui dan memanfaatkan kontribusi berharga data analyst dalam membentuk masa depan NBA

 

Referensi

Petra, Harvard Business School Alumni, (2020), Digital Innovation and Transformation, “How data analytics is revolutionizing the NBA”

Harsh Patel (2020), The Sports Scientist, “How Data Science Changed the NBA”

 

Penulis : Mikhael Elyezer Hasudungan Sianturi

Editor : Muhammad Alesha Fadhana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts