Cerita Shavira Mala Tsania Magang sebagai Data Management di PT United Tractors Tbk

FTMM NEWS – Kampus Merdeka adalah program dari pemerintah yang merupakan sarana penyalur untuk para mahasiswa di perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri. Pada program kampus merdeka terdapat beberapa opsi seperti pertukaran mahasiswa, studi independen, magang dan lainnya. Pada semester 5 ini saya berkesempatan untuk mengikuti program magang kampus merdeka untuk melakukan kegiatan magang selama satu semester dengan nilai konversi sebanyak maksimal 20 SKS. Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tersebut diadakan untuk menunjang aspek keahlian mahasiswa. salah satu mitranya adalah PT United Tractors Tbk. United Tractors merupakan anak usaha dari PT Astra International Tbk yang bergerak dibidang distribusi dan perbaikan alat berat dan transportasi, kontraktor penambangan, pertambangan batu bara, pertambangan emas, konstruksi, dan pembangkitan listrik. 

Selama magang saya ditempatkan di divisi Corporate Human Capital and Corporate University (CHCU). Pada magang batch ini saya berposisi sebagai Data Management Intern yang bertugas untuk membantu perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan data dengan suatu ketentuan tertentu sehingga perusahaan dapat membuat keputusan dan mengambil tindakan yang dapat  memaksimalkan profit atau keuntungan bagi perusahaan. 

Sebagai seorang data management tugas pertama yang saya kerjakan yaitu membuat Dashboard Material Training Technical Development. Dashboard ini diperuntukkan semua instruktur diseluruh cabang United Tractors di Indonesia. Dashboard ini berfungsi untuk melihat perkembangan dan pencapaian dalam membuat material training. Sebelum adanya dashboard yang saya kerjakan, dashboard dan dataset mengenai material training masih dihimpun di Microsoft Teams dengan tools excel sehingga cara akses masih terbatas dan visualisasi yang dilakukan masih sederhana. Dalam mengerjakan proyek ini saya merapikan file bahan ajar dan soal ujian di Microsoft Teams, memastikan bahwa data yang ada di Microsoft Teams sesuai dengan dataset, merapikan dataset dan membuat dataset tambahan untuk keperluan dashboard yang nantinya akan di input datanya oleh para instruktur, dan membuat dashboard menggunakan tools Google Data Studio. Tools tersebut saya pilih karena mudah diakses oleh para instruktur yang tidak tergabung dengan Microsoft Teams dan update data sangat cepat.

Tugas selanjutnya yang diberikan kepada saya yaitu membuat leaderboard yang digunakan dalam sistem penilaian Best of The Best Mechanic 2022 yang merupakan kompetisi untuk mekanik UT yang berhadiahkan beasiswa untuk pemenangnya. leaderboard ini dibuat agar penonton dan pendukung dari tiap mekanik dapat melihat secara langsung nilai dari tiap mekanik secara real-time yang ditampilkan saat kompetisi berlangsung. Leaderboard ini juga secara real-time terhubung dengan dataset dari penilaian setiap juri. Tiap juri menilai subjek yang berbeda sehingga tiap penilaian memiliki bobot yang berbeda. Nilai yang diberikan oleh juri kepada tiap mekanik akan langsung ditampilkan dalam leaderboard sehingga penilaian bersifat transparan dan mencegah terjadinya kecurangan. Pemenang dari kompetisi juga langsung bisa dilihat dan ditentukan dari leaderboard dengan melihat mekanik yang berada di peringkat paling atas.

Tugas terakhir yang saya kerjakan yaitu membuat UT Audio-Based Exam WebApps. United Tractors selalu ingin berinovasi salah satunya yaitu membuat media ujian yang dapat berinteraksi langsung dengan program. Oleh sebab itu, saya membuat media ujian yang dapat mengeluarkan output suara dan mendeteksi input suara dari user. Jawaban dari user dan kunci jawaban akan di preprocessing terlebih dahulu. Kemudian jawaban dari user dianalisis menggunakan metode BERT dan dibandingkan jawabannya dengan kunci jawaban menggunakan Cosine Similarity yang kemudian diberi bobot nilai tiap soal. Setelah mengerjakan ujian, user akan diberikan feedback berupa subjek apa yang harus ia pelajari lebih dalam karena memiliki nilai yang masih tergolong rendah. Media ujian ini berbasis web dan dibangun menggunakan framework flask.

magang di united tractors saya selalu mendapat insight dan pengalaman baru yang dapat membuat diri saya berkembang. United Tractor juga mendorong para pegawainya untuk terus menambah skills baik itu hard skills atau soft skills dengan menyediakan fasilitas berupa e-learning untuk mendapatkan course yang ditujukan untuk self-development para pegawainya. Metode pembelajaran dari e-learning ini adalah self paced learning dimana para pegawai melakukan pembelajaran secara mandiri yang nantinya di akhir materi terdapat evaluasi berupa soal. pada akhir course para pegawai akan mendapat certificate of completion yang menunjukan bahwa pegawai tersebut telah menyelesaikan course tersebut. United Tractor juga mengadakan kegiatan sharing session setiap hari Senin yang diisi oleh intern untuk intern. Kemudian, setiap hari Jumat akan dilakukan kegiatan innovation day yang akan dilombakan untuk mendorong para pegawainya berinovasi menghasilkan sebuah ide baru untuk mengatasi segala permasalahan yang ada di perusahaan. Dan masih banyak lagi acara yang diadakan untuk intern.(shav/wil)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts