Cerita Aufar Ikuti MSIB di Perusahaan ATW Solar

FTMM NEWS – Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) UNAIR tak pernah absen dalam mendukung program program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). FTMM senantiasa menunjukkan komitmennya dalam berbagai kegiatan yang dapat menunjang pengalaman belajar mahasiswanya. Salah satu bentuk dukungan FTMM terhadap MBKM adalah dengan mahasiswanya yang aktif mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Seperti halnya salah satu mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2021, Aufar Mahran Alleani.

Kalahkan 1.500 Pendaftar

Salah Satu Tempat Ikonik Perusahaan Astra sebagai Mitra Penempatan Magang.

Dalam wawancara eksklusif kepada FTMM NEWS, Minggu (31/3/2024), Aufar menyampaikan bahwa dirinya saat ini sedang mengikuti magang melalui program MSIB di Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (KESDM) sejak Februari hingga Juli 2024 mendatang. Aufar mendapatkan posisi sebagai Junior Engineer and Project Intern di mitra PT. ATW Solar Indonesia. Aufar berhasil mengalahkan 1.500 pendaftar yang ingin mengikuti MSIB di perusahaan tersebut.

Faktanya, PT. ATW Solar Indonesia merupakan perusahaan kontraktor yang bergerak dalam bidang pengembangan, produksi solar panel, hingga pemasaran sistem tenaga surya ramah lingkungan. Perusahaan tersebut memiliki komitmen yang tinggi dalam memberikan solusi energi terbarukan melalui teknologi surya yang inovatif.

Tugas yang Menantang

Tahap Pelatihan Interkoneksi Seluruh Peserta Magang di Pusat KESDM.

“Di PT ATW Solar Indonesia, saya mengemban amanah untuk membuat konsep desain perencanaan penginstalan panel surya, termasuk pemilihan lokasi, desain sistem, dan jadwal pemasangan. Selain itu, saya bertanggung jawab dalam melakukan koordinasi dengan tim teknis, kontraktor, dan pemilik proyek untuk memastikan semua tahapan terlaksana dengan lancar,” terang Aufar.

Selain itu, Aufar juga harus memastikan bahwa panel surya telah terpasang dengan benar sesuai dengan spesifikasi teknis, hingga memeriksa kualitas instalasi termasuk penempatan yang tepat, serta koneksi yang aman.

Persiapkan dengan Matang

Saat Melakukan QC, Interkoneksi, dan Wiring Perkabelan pada Panel Surya Sebelum Melakukan Setting Tegangan Inverter.

Butuh persiapan yang matang dan jauh-jauh hari bagi Aufar untuk dapat mengikuti program MSIB hingga berhasil mengalahkan saingannya. Menurutnya, penting untuk memperhatikan timeline kegiatan dan rajin mengikuti sosialisasi program.

“Saya berharap program MSIB dapat menjadi jembatan menuju karier saya di masa depan,” ucapnya.

Sementara itu pada akhir sesi wawancara, Aufar memberikan pesan kepada mahasiswa FTMM untuk berani memanfaatkan status mahasiswa dengan sebaik-baiknya. Ia menyampaikan untuk terus berdoa, sebab proses yang baik tidak akan membohongi hasil.

“Banyak program yang bermanfaat guna menunjang masa depan yang hanya bisa diikuti hanya oleh mereka yang berstatus mahasiswa. Jalan alurnya, nikmati prosesnya,” tutup Aufar.

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh

Editor: Ananta Adhi Wardana

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts