Batu Loncatan Industri Digital 4.0 : Bisnis pada FYP TikTok           

FTMM NEWS –  Munculnya konten For You Page  (FYP) menjadi hal yang menarik untuk ditonton di media sosial. FYP merupakan konten yang muncul di laman beranda pengguna TikTok. Munculnya konten ini merupakan wujud dari transformasi digital Internet of Things (IoT) yang mampu mendeteksi dari seberapa sering konten yang mereka lihat dari ketertarikan personal. Kemampuan mendeteksi ini akan membawa kemudahan bagi pebisnis yang ingin memasarkan produknya. Bisnis di industri digital 4.0 memiliki fokus untuk melakukan pemasaran menggunakan teknologi digital dan internet. Hal tersebut membutuhkan platform yang mampu memasarkan produk dan juga jasa perusahaan yang mampu mencapai target pasar dengan luas dan optimal. Oleh karena itu FYP TikTok sShop datang untuk melakukan jual beli dengan jangkauan yang luas dan kemudahan berkomunikasi secara online. Hal ini terbukti pada algoritma TikTok yang berjalan mengikuti era industri digital 4.0 yang semakin canggih dengan banyaknya fitur-fitur yang mempermudah untuk melakukan jual beli dan transaksi secara online.

Data dan teknologi menjadi suatu hal yang penting pada industri pemasaran digital. Di dalam FYP TikTok, data dan informasi yang dikumpulkan bisa menjadi salah satu pengembangan strategi pemasaran. Strategi ini dapat dilakukan dengan menganalisis data untuk menentukan konten-konten yang banyak diminati dan disukai. Sehingga konten yang ada di laman beranda mereka akan dominan pada penjualan produk yang sebelumnya dicari dan disukai. Bentuk pemasaran sendiri dapat dilakukan dengan live streaming dan mengunggah video  produk dengan durasi yang cukup lama, sehingga penonton yang melihat unggahan video itu bisa mendapatkan informasi yang lengkap. Penambahan hashtag, caption, dan deskripsi yang menarik merupakan salah satu cara untuk para pebisnis melakukan promosi barang dagangannya agar bisa terekspos secara luas sehingga menarik konsumen untuk membeli. 

Potensi bisnis  yang besar bisa didapatkan di dalam FYP TikTok dengan tetap memasarkan produk yang menarik dan juga efektif. Konten yang kreatif dengan fitur live streaming akan menampilkan produk secara 4 dimensi sehingga membuat konsumen melihat secara real  barang yang ingin dibeli secara online. Namun fitur live ini hanya tersedia di akun TikTok yang memiliki minimal 1000 followers. Tidak jarang para pebisnis bekerjasama dengan influencer untuk melakukan endorsement agar jumlah views dan likes tercapai sehingga produk yang dipromosikan dapat masuk konten FYP. Selain itu pemberian rating yang tinggi dengan bintang yang banyak, respon yang baik, diskon yang tinggi, dan adanya gratis ongkir juga mempengaruhi hasil dari penjualan karena salah satu ketertarikan konsumen adalah mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Kemudahan untuk mengakses konten di TikTok membuat banyaknya produk dipasarkan di fitur TikTok Shop, mulai dari fashion, elektronik, tas, alat olahraga, otomotif, dan masih banyak lagi. Hal ini mengundang pebisnis berlomba-lomba untuk mempromosikan produknya agar masuk ke dalam konten FYP personal.

Kesimpulan 

Di dalam Industri digital 4.0 melalui platform media sosial seperti TikTok yang mencapai FYP telah menjadi jembatan untuk membantu para pebisnis memanfaatkan teknologi digital dan data informasi yang mendukung proses berbisnis. Hal ini ditujukan untuk mempermudah pebisnis mencapai target dengan kecanggihan algoritma TikTok.(Kir/and)

Kontributor : Kirani Yogi Andaristy, Mahasiswa Prodi Teknik Industri Universitas Airlangga 

 

 

         

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X