Aplikasi Nanoteknologi: Revolusi Medis Masa Depan

Nanoteknologi dan Medis

FTMM NEWS – Nanoteknologi kini telah menjadi salah satu kekuatan ilmu pengetahuan dan teknologi  dan berpotensi  meningkatkan kehidupan manusia. Dalam bidang kesehatan, nanoteknologi telah memberikan sejumlah pendekatan yang  menjanjikan untuk pengobatan, pemantauan, diagnosis dan pengelolaan penyakit (Bisht, 2007). Nanoteknologi memungkinkan manipulasi zat pada skala atom dan molekul dengan ukuran  100 nanometer yang berada dalam agen atau campuran terapeutik pengobatan nano .

Nanoteknologi  dikenal sebagai nanomedicine dalam bidang medis. Nanomedicine adalah metode pengobatan yang  efektif dan  aman yang menggunakan nanoteknologi untuk meningkatkan efektivitas obat dan mengurangi efek samping. Nanoteknologi juga dapat  membuat alat pendeteksian lebih sensitif dan akurat. 

Aplikasi Nanoteknologi dalam bidang Medis

  • Diagnosis Penyakit

Nanoteknologi mempunyai potensi untuk menciptakan perangkat diagnostik dengan cepat. Nanoteknologi berperan penting dalam produksi chip dan  meningkatkan sensitivitas dan keandalan dalam deteksi (diagnostik) penyakit. Chip ini dapat bekerja sesuai dengan profil  gen. Alat ini berfungsi untuk memantau penyebaran tumor payudara setelah operasi. 

  • Penghantaran Obat

Nanoteknologi memungkinkan pengembangan sistem penghantaran yang dapat mengatur laju pelepasan senyawa aktif secara terkontrol. Jadi, hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa pelepasan senyawa aktif tersebut terjadi pada waktu dan lokasi yang tepat dalam tubuh, sehingga meningkatkan efektivitas terapi dan mengurangi efek samping.

  • Terapi

Nanomaterial mungkin berperan dalam meningkatkan  kinerja perangkat medis dan pengujian nanopartikel. Contohnya adalah pengobatan kanker. Penggunaan nanopartikel dalam pengobatan kanker dapat meningkatkan hasil pengobatan. Dengan demikian, efek samping sistemik yang biasa terjadi pada terapi obat tradisional ini dapat berkurang.

Namun, kita harus memperhatikan penggunaan nanoteknologi di bidang kesehatan, keamanan dan efektivitas. Keamanan dan efektivitas nanoteknologi harus dijaga melalui pengujian yang ketat dan memperhatikan masalah keamanan  terkait  penggunaan nanoteknologi. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian  untuk memastikan keamanan dan efektivitas nanoteknologi di bidang kesehatan. Kesimpulannya, nanoteknologi dalam perawatan kesehatan telah memberikan berbagai pendekatan yang  menjanjikan untuk pengobatan, diagnosis dan pengelolaan penyakit. 

REFERENSI

Bisht S, Feldmann G, Soni S, Ravi R, Karikar C, Maitra A, et al. Polymeric nanoparticle-encapsulated curcumin (“nanocurcumin”): A novel strategy for human cancer therapy. J Nanobio. 2007; 5: 1–18.27.

 

Penulis : Putri Ayu Ningsih

Editor : Muhammad Alesha Fadhana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts