AirFeel Wujudkan Pemanfaatan Energi Bersih dan Terjangkau Untuk Pantau Cuaca 

FTMM NEWS – Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga melakukan pengabdian masyarakat penugasan di Pulau Gili Iyang Sumenep pada tanggal 17-19 Maret 2023. Pengmas penugasan ini diketuai oleh Prisma Megantoro, S.T., M.Eng. Dosen Teknik Elektro FTMM dibantu bersama rekan dosen dan mahasiswa. FTMM mendukung isu energi bersih dengan menciptakan alat AirFeel versi 3 yaitu AF5 dan AF7. Alat ini diserahkan ke Desa Banraas dan Bancamara melalui Ahyak Ulumuddin Ketua Forkom Pembina Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Gili Iyang. 

“AirFeel ini menggunakan banyak sensor meliputi anemometer, wind vane, rain gauge, sensor MIX8410 dan sensor MQ-811,” ujar Nayu Nurrohmah Hidayah.

Nayu menjelaskan jika sensor tersebut berjalan dengan dikenai parameter kecepatan dan arah angin, curah hujan, suhu, kelembaban dan tekanan udara. Pada pengukuran tingkat kualitas udara dengan parameter meliputi; metana, hidrogen, ozon, karbon dioksida, karbon monoksida, dan amonia. 

“Sensor-sensor AirFeel disuplai oleh panel surya yang diletakkan diatas box AirFeel. Penggunaan panel surya ini untuk menjaga Pulau Gili Iyang agar tetap menjadi penghasil oksigen terbaik,” ujar Antik Widi Anugrah. Katanya, ini sejalan dengan isu energi bersih terbarukan. 

Antik Widi mengaku jika mayoritas inovasi yang diciptakan FTMM ditenagai oleh panel surya, termasuk AirFeel yang dibawa di Pulau Gili Iyang ini. Ia juga menambahkan bahwa penggunaan energi surya sesuai dengan tujuan ke-7 Sustainable Development Goals (SDGs). 

AirFeel memanfaatkan energi matahari sebagai penyuplai tegangan bagi sensor-sensor. Tegangan yang dihasilkan dapat disimpan dalam baterai berkapasitas 12v 18ah. Hal ini memungkinkan AirFeel tetap beroperasi meskipun dalam cuaca buruk dan tidak terdapat cahaya matahari. Inovasi yang sangat kompleks untuk sebuah alat pemantau kondisi cuaca dan pengukur tingkat kualitas udara.(ant/and)

Kontributor : Antik Widi Anugrah, Mahasiswa Teknik Elektro 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X