AI di Perkuliahan: Membantu atau “Mem-buntukan” Mahasiswa?

AI dan Perkuliahan

FTMM NEWS – Dalam era dimana semakin banyak orang yang menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya, tidak mengherankan jika dunia pendidikan pun ikut mengadopsi inovasi-inovasi tersebut. Salah satu yang menjadi perbincangan hangat belakangan ini adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) di lingkungan perkuliahan. Oleh karena itu, satu pertanyaan muncul: apakah penggunaan AI ini benar-benar membantu mahasiswa, atau justru membingungkan mereka?

Artificial Intelligence (AI) merupakan sebuah teknologi komputer yang dapat meniru kemampuan manusia dalam berpikir dan menyelesaikan tugas secara cepat. Dengan kelebihan tersebut, banyak sekali orang yang memanfaatkan AI untuk menyelesaikan tugas tugas mereka. Demikian juga mahasiswa, banyak menggunakan AI untuk belajar ataupun untuk menjawab soal soal yang tidak mereka pahami. Lalu, apakah penggunaan AI oleh mahasiswa tersebut memberikan dampak positif? Atau justru dampak negatif yang didapat mahasiswa?

Dampak Positif

  • Personalisasi pembelajaran

Dengan kemampuannya mempersonalisasi pengalaman belajar, AI dapat membantu pembelajaran individu sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar mereka masing-masing. Hal ini dapat memastikan bahwa setiap mahasiswa mendapatkan bantuan yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan kecepatan belajar mereka.

  • Memberikan umpan balik yang cepat dan tepat

AI dapat menilai tugas mahasiswa dan memberikan umpan balik secara instan, sehingga mahasiswa dapat mengetahui di mana letak kesalahan mereka.

  • Membantu mahasiswa yang kesulitan belajar

AI dapat memberikan bantuan kepada mahasiswa yang sedang mengalami kesulitan dalam belajar. Contohnya seperti memberikan penjelasan yang lebih mudah tentang suatu materi yang dibahas.

Dampak Negatif

  • Ketergantungan dengan AI

Mahasiswa yang terbiasa menggunakan AI setiap mengerjakan tugas-tugasnya akan menjadikan mereka terlalu bergantung pada AI dan tidak mau berusaha sendiri. Sehingga hal ini dapat menghambat kemampuan mereka untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah secara mandiri.

  • Kurangnya kreativitas

AI tidak akan dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka. Mengingat bahwa bantuan yang AI berikan hanya bersifat repetitif dan tidak akan mendorong mahasiswa untuk berpikir out of the box.

  • Ketidakadilan dalam pembelajaran

AI dapat menimbulkan ketidaksetaraan dan ketidakadilan dalam pendidikan karena mahasiswa yang memiliki akses ke teknologi AI akan lebih mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan mahasiswa yang tidak memiliki akses sama sekali.

Penggunaan AI di perkuliahan menawarkan potensi besar untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dengan memberikan personalisasi dan umpan balik yang cepat. Namun, di sisi lain, AI juga memberikan dampak negatif untuk mahasiswa seperti ketergantungan, menurunkan kreativitas, dan ketidakadilan dalam pembelajaran. Penting untuk menggunakan AI secara bijaksana dan mempertimbangkan dengan cermat mengenai manfaat dan risikonya sebelum menerapkannya dalam perkuliahan.

Perlu ada keseimbangan antara penggunaan AI dan pembelajaran tradisional. Mahasiswa dapat menggunakan AI sebagai alat bantu untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya, tetapi tidak boleh menggantikan peran dan interaksi antara dosen dan mahasiswa. Mahasiswa perlu didorong untuk tetap berpikir kritis, kreatif, dan mandiri dalam belajar, meskipun menggunakan bantuan AI. Dengan demikian, AI dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk membantu mahasiswa mencapai potensi belajar mereka secara maksimal jika mereka menggunakannya dengan baik dan bijak.

 

Daftar Pustaka:

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. (2023, Agustus 29). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) di Perkuliahan: Opportunities and Pitfalls. – FK-KMK UGM. FKKMK UGM. Retrieved Mei 8, 2024, from https://fkkmk.ugm.ac.id/pemanfaatan-artificial-intelligence-ai-di-perkuliahan-opportunities-and-pitfalls/

Lukman, Agustina, R., & Aisy, R. (2023, Juli). PROBLEMATIKA PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK PEMBELAJARAN DI KALANGAN MAHASISWA STIT PEMALANG. Journal STIT Pemalang. Retrieved Mei 8, 2024, from https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/download/826/477/

Putri, V. A., Andjani Sotyawardani, K. C., & Rafael, R. A. (2023, Oktober 7). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya | Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS). Retrieved Mei 8, 2024, from https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/840

 

Penulis : Bagas Pamungkas

Editor : Muhammad Alesha Fadhana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts