Academic Lecture : Introduction to advanced materials, Nanotechnology, Industrial Importance.

FTMM NEWS – Selasa (20/09), perkuliahan mahasiswa Prodi Rekayasa Nanotechnologi berbeda dari biasanya. Kalau umumnya mahasiswa mendapatkan ilmu yang diberikan dari tiap pengajar melewati kelas tatap muka, kali ini mahasiswa mendapatkan kelas khusus lewat agenda academic lecture.

Academic lecture merupakan kelas penyampaian materi dengan dosen tamu asing. Kali ini ada Dr. M. V. Reddy, yang merupakan senior professional researcher, Nauveau Monde Graphite, Montreal, Kanada, dengan topik pengajaran Introduction to advanced materials, Nanotechnology, Industrial Importance.

Kelas ini diikuti  mahasiswa ditingkat 5 yang mengambil mata kuliah nanoelektronik, photonic and sensor. Dalam penyampaian materinya, mahsiswa diajarkan dan diperkenalkan dengan berbagai smart material untuk Electric Vehicles/Grid, juga proses febrikasi material serta karakterisasinya. Fast charger kerap menjadi salah satu pembahasan dalam alat analisis baterai hingga pengaplikasian material nano seperti graphine dan graphene yang dapat digunakan untuk sensor, water treatment, fuel cell, CO2 capture juga penyimpanan energi berupa baterai (supercapasitor).

Selain itu, Dr. Reddy kerap memberikan strategi untuk mendapatkan material dengan kapasitas yang tinggi & meminimalisir hilangnya kapasitas. Misalnya menggunakan nano partikel yang memiliki luas permukaan yang besar, pendeknya difusi untuk littium dan akomodasi perubahan volume yang lebih baik.(zain/and)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X